Popular Posts

Category List

About

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma

Link Gunadarma














Gunadarma

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO BAAK

Translate This Page

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Kamis, 21 November 2013
Nama : Muhammad Husnul Aziz
Kelas : 1EB20
NPM : 25213969




I. PENDAHULUAN

PELUANG BISNIS PERCETAKAN merupakan satu dari sekian peluang usaha yang paling sering dijumpai, baik di lingkungan rumah atau di kantor. Bisnis usaha percetakan akan selalu ada seiring pertumbuhan ekonomi. Tapi banyak kombinasi situasi dan kondisi yang muncul tatkala seseorang ingin memulainya. Usaha ini memerlukan modal yang beragam, sesuai perspektif dari pelaku usaha. Bisa jadi dengan uang ratusan juta, sampai dengan tak bermodal sekalipun. Kalau memulai usaha dengan ratusan juta, dapat dikatakan, banyak orang yang mau dan bisa memulainya. Namun bila dengan modal dengkul, alias nol rupiah, maka akan didapatkan beragam tanggapan. Yang jelas, banyak yang menganggap tidak mungkin.

II. ISI

Mudah bila kita memulai usaha dengan berani. Berani adalah kata kuncinya. Berani memulai usaha percetakan, adalah modal awal yang mungkin bisa kita dapatkan dengan nol rupiah. Nah, ketika keberanian sudah ada, selanjutnya pelajari tipe pasar. Tipe pasar percetakan tentunya sangat beragam. Contohnya undangan. undangan pernikahan khususnya, merupakan produk percetakan yang sering di cari dan membuka peluang lebar bagi para pengusaha percetakan untuk bersaing disana. Pasarnya pun luas, walau order tersebut seumur hidup sekali baru pesan. Cara memperoleh modal dengan cuma-cuma, adalah dengan meminta DP atau uang muka agar produk tersebut mampu kita kerjakan. Nah, biaya cetaknya kita buat keuntungan bersih 100 %. Maka bila pelanggan kita membayar 50 % saja, modal kita sesungguhnya sudah cukup untuk menggarap keseluruhan order. Sisanya, uang pelunasan pelanggan yang 50 %, adalah keuntungan bersih kita yang dapat kita peroleh ketika proyek tersebut selesai kita kerjakan.
Bila anda memiliki keberanian untuk mengembangkan lebih jauh bisnis anda, anda bisa mencari alternatif harga produksi yang lebih murah. Jadi ketika pelanggan membayar DP 50%, sesungguhnya anda telah untung. Karena harga produksi bisa jadi cuma 30 % dari total order, ketika anda mencetakkan undangan atau proyek percetakan anda ke luar kota yang memiliki prospek usaha percetakan bagus dengan harga murah.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Percetakan Sebelum memulai bisnis percetakan, anda beberapa
langkah yang perlu anda perhatikan dan laksanakan guna kelancaran bisnis percetakan anda.

1. Pelajari Proses Bisnis Percetakan secara Mendalam
Langkah pertama yang wajib dilakukan bagi pelaku bisnis yang berencana memulai bisnis percetakan adalah
memahami proses percetakan secara lengkap dan detail. Tidak dipungkiri bahwa seringkali proses pembelajaran proses percetakan akan memakan waktu lama tetapi dengan tekad yang kuat dan kerja keras niscaya hal ini dapat diatasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memahami proses percetakan secara jelas yaitu dengan menimba ilmu dan pengalaman sebagai karyawan di suatu bisnis percetakan, belajar secara otodidak dengan sarana internet dan buku-buku bisnis percetakan serta meminta bimbingan pada orang-orang yang telah lama menggeluti bisnis percetakan.
2. Lakukan Pembelian Peralatan Bisnis Percetakan secara Bertahap
Mengingat banyaknya jenis peralatan dan bahan-bahan dalam bisnis percetakan, sebaiknya anda memkirkan
untuk membeli perlengkapan bisnis percetakan anda secara bertahan agar dapat menghemat biaya investasi.
Sebagai saran, anda lebih baik membeli peralatan percetakan yang terpenting dan mendesak terlebih dahulu guna menghindari kurangnya biaya untuk membeli peralatan percetakan lain yang akandiperlukan selanjutnya.
3. Lakukan Kerjasama Bisnis Percetakan dengan Institusi Lain
Untuk meningkatkan keuntungan, anda dapat menjalin kerja sama dengan bisnis percetakan lain atau instansi
yang membutuhkan jasa percetakan seperti bank, sekolah, atau perusahaan dengan cara menyewakan mesin
percetakan atau menyediakan jasa percetakan secara rutin.
4. Fokus untuk Menciptakan Reputasi yang Baik pada Bisnis Percetakan 
Dalam proses bisnis percetakan anda, anda harus fokus untuk membangun reputasi yang baik di mata klien dan pelanggan dengan cara tidak menolak pesanan-pesanan awal. Selain itu, anda juga harus menyelesaikan pesanan-pesanan tersebut dengan tepat waktu agar klien dan pelanggan anda merekomendasikan bisnis percetakan anda sebagai bisnis yang berkualitas dan professional.
6. Gunakan Strategi Promosi yang Tepat dalam Bisnis Percetakan
Sebagai saran, anda tidak boleh hanya mengandalkan iklan sebagai sarana pemasaran bisnis percetakan anda. Strategi promosi dari mulut ke mulut atau yang dikenal dengan mouth-to-mouth promotion akan lebih efektif dalam mendongkrak popularitas usaha percetakan anda. Cobalah untuk menawarkan jasa percetakan pada tetangga atau perusahaan di sekitar lingkungan anda. Selain itu, anda dapat pula memanfaatkan media online untuk mempromosikan bisnis percetakan anda agar lebih dikenal luas.


Nah bagaimana cara sukses usaha percetakan ?
1. Menentukan lokasi
Kita butuh tempat untuk membuka usaha percetakan. Lokasi yang tepat menentukan kesuksesan sebuah jasa percetakan, usahakan untuk mencari tempat membuka usaha percetakan di lokasi yang strategis, mudah
dijangkau dan mudah dilihat siapa saja yang lewat.
2. Menjaga kualitas dan pelayanan
Kualitas menentukan kesenangan pelanggan terhadap 
bisnis kita. Sebaiknya Anda selalu menjaga kualitas hasil cetakan undangan, dengan demikian pelanggan akan mengingat tempat Anda dan dapat kembali lagi bila ingin memesan undangan. Selain itu, berikan pelayanan yang ramah dan mengasyikkan kepada pelanggan Anda, buatlah mereka tersanjung dengan pelayanan di tempat Anda.

3. Desain yang menarik
Desain yang unik dan menarik adalah pilihan utama para pelanggan, khususnya orang-orang berkantung tebal akan mencari jenis undangan yang bernilai seni yang tinggi. Untuk itu perlebar jaringan Anda untuk mencari jenis-jenis desain undangan yang unik dan menarik. Atau bila perlu Anda dapat membuat dan mencetak sendiri motif undangan yang bagus dan menarik pelanggan.
4. Jalin kerjasama
Anda tidak dapat berdiri sendiri, Anda akan membutuhkan beberapa pihak yang dapat diajak kerjasama. Sebaiknya Anda membuat kerjasama yang baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan alat-alat cetak atau kelebihan orderan yang tidak dapat Anda tangani. Hal ini bertujuan untuk bisa tetap memberikan kualitas yang terbaik kepada pelanggan Anda.


III. PENUTUP


Tidak dapat dipungkiri, bahwa bisnis percetakan merupakan bisnis yang menguntungkan dan terus berkembang. Permintaan produk-produk percetakan dari para pengusaha besarpun juga semakin meningkat. Apalagi ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Kebutuhan company profile, brosur, poster maupun spanduk untuk mengenalkan, mengedukasi dan mengingatkan komsumen pada produk/ jasa mereka, semakin besar.

IV. DAFTAR PUSTAKA


0 komentar: