Popular Posts

Category List

About

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma

Link Gunadarma














Gunadarma

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO BAAK

Translate This Page

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Minggu, 17 November 2013
NAMA KELOMPOK : IRVAN ADITYO         (24213514)
                            KURNIAWAN UMAR   (24213900)
                            M HUSNUL AZIZ        (25213969)
KELAS                 : 1EB20

TUGAS MINGGU 6.

1. JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
2. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
3. JELASKAN dgn 1 CONTOH BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA
MEMASARKANNYA ( BERDASARKAN 4 P )
4. SEBUT DAN JELASKAN 4 VARIABEL BAURAN PROMOSI
5. SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM PEMASARAN


JAWABAN

1. A. Pasar

pasar adalah proses kelompok individual ( perorangan maupun organisasi ) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdayabeli dan berniat merealisasikan pembeliannya.

B. Pemasaran

Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis ( profit atau nonprofit ) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, nendistribusikan serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

2. - Jenis pasar industri

· Pabrik Sepatu

· Pabrik Tahu

· Pabrik Benang

· Pabrik Sabun

· Pabrik Oli



- Pasar penjual

· Grosir Pakaian

· Grosir Buah

· Grosir Ikan Laut

· Grosir Aksesoris Motor

· Grosir Alat Rumah Tangga

3. Contoh barangnya ialah peralatan olahraga seperti menjual aksesories futsal,badminton,tenis meja atau produk golden goal. Disetiap usaha pasti menggunakan konsep marketing 4P, yaitu product, promotion, price, place untuk memajukan usahanya.

- Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan maupun bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan.

- Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya

- Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu

- Sistem distribusi/tempat adalah saluran yang digunakan produsen untuk menyalurkan produsen ke konsumen atau pembeli distribusi

4. Promosi adalah salah satu bagian dari bauran yang besar peranannya. Promosi merupakan suatu ungkapan dalam arti luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.

Bauran promosi (Promotion Mix) terdiri dari 4 unsur utama :

- Pengiklanan adalah bentuk presentasi dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh sponsor yang teridentifikasi.

- Penjualan Pribadi yaitu penyajian secara lisan dalam suatu pembicaraan dengan seseorang atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar dapat terealisasinya penjualan.

- Pemasaran langsung adalah menggunakan surat, telepon dan alat kontak nonpersonal lainnya untuk berkomunikasi dengan atau mendapatkan respon dari pelanggan atau prospek tertentu.

- Promosi penjualan adalah insentif jangka pendek untuk mendorong mencoba atau membeli suatu produk.

5. Ada 5 Alternatif sistem pemasaran :

- Memaksimumkan Konsumsi

- Memaksimumkan Kepuasan Konsumen

- Memaksimumkan Pilihan

- Memasimumkan Mutu Hidup

0 komentar: