Popular Posts
-
Nama : Muhammad Husnul Aziz Kelas : 4 EB 19 NPM : 25213969 Bapepam-LK Periksa Katarina Utama Se...
-
Nama : Muhammad Husnul Aziz Kelas : 1EB20 NPM : 25213969 I. Pendahluan Indonesia telah lama dikenal sebaga...
-
Nama Kelompok : • M. Husnul Aziz ( 25213969 ) • M. Yusuf F.I ( 26213188 ) • Nungky R.A ( 26213576 ) • Regiawan Sobardo ( 27213362 ) ...
-
I. PEMBUKAAN Jepang adalah salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia. Meskipun Jepang hanya menjajah Indonesia selama 3,5 tahun, ak...
-
Nama : Muhammad Husnul Aziz Kelas : 1EB20 NPM : 25213969 I. PENDAHULUAN Budidaya ikan lele sangat diminati para peternak ka...
Blog Archive
-
►
2017
(6)
- ► April 2017 (6)
-
►
2016
(8)
- ► Desember 2016 (5)
- ► November 2016 (1)
- ► Oktober 2016 (2)
-
►
2014
(5)
- ► November 2014 (2)
- ► April 2014 (1)
-
▼
2013
(16)
-
▼
November 2013
(14)
- Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-12
- Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-11
- Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-10
- Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-9
- Usaha Cuci Mobil & Motor
- Agribisnis Budidaya Lele
- Bisnis Percetakan
- Usaha Laundry Kiloan
- Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-8
- Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-6
- Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-4
- Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-3
- Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-2
- Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-1
- ► Oktober 2013 (2)
-
▼
November 2013
(14)
Category List
- Sejarah (1)
- Tugas Kelompok (11)
- Tulisan (8)
About
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma
Diberdayakan oleh Blogger.
INFO BAAK
-
Pengecekan Nilai Lokal Semester ATA 2020/2021 - Pelayanan Cek Nilai Lokal semester ATA 2020/2021 akan dilayani mulai KAMIS 2 September s/d RABU 22 September 2021 secara live chat di baak.gunadarma.ac.id,...3 tahun yang lalu
Selasa, 12 November 2013
NAMA KELOMPOK : IRVAN ADITYO (24213514)
KURNIAWAN
UMAR (24213900)
M HUSNUL AZIZ (25213969)
KELAS : 1EB20
TUGAS MINGGU 2 :
1. JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA) UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI
2. BERILAH MASING – MASING
SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT
3. SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN
PERUSAHAAN
4. JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN
5. APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA
SUATU PERUSAHAN
6. JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN
CONSUMER ORIENTED APPROACH
Jawaban
1. Faktor Produksi Mendirikan UKM
Modal : Sebelum mendirikan kita harus mempunyai modal atau uang awal untuk mendirikan UKM.
Modal : Sebelum mendirikan kita harus mempunyai modal atau uang awal untuk mendirikan UKM.
Tenaga
kerja : Tenaga kerja diperlukan untuk proses berdirinya UKM karena tanpa adanya para tenaga kerja tidak akan ada
kegiatan itu.
Ide metode
: Sebelum mendirikan UKM kita harus mempunyai ide metode atau konsep.
2. Letak Perusahaan
Adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau
pabrik dipengaruhi oleh factor ekonomi, untuk efisiensi yang berkaitan dengan
biaya.
Jenis-Jenis Letak
Perusahaan Dibedakan
menjadi 4, yaitu :
Terikat pada alam
Pada
umumnya karena tersediaan dan kemudahan bahan baku.
Contoh :
Perusahaan timah, emas, minyak bumi.
Terikat sejarah
Perusahaan
menjalankan aktivitasnya di suatu daerah
tertentu karena hanya dapat di jelaskan berdasarkan sejarah.
Contoh :
Perusahaan batik, pekalongan.
Ditetapkan oleh pemerintah
Perusahaan yang didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan,
politik dan kesehatan.
Contoh : Perusahaan kimia, limbah dampaknya dapat ditekan
serendah mungkin.
Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Yang bersifat industri adalah : ketersediaan bahan mentah,
tenaga air, tenaga kerja, modal, transportasi, kedekatan dengan pasar, dan
kesesuaian iklim.
3. Tujuan Pendirian Perusahaan di bedakan menjadi 2, yaitu :
Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan
eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen,
tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
Tujuan social
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan,
penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas. Kedua tujuan tersebut
saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan
kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
4. Lingkungan Perusahaan
Keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.
Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
- Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak
langsung terhadap kegiatan perusahaan.
Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
A) Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal
yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
Keadaan alam => SDA, lingkungan.
Politik dan hankam => kehidupan operasional perusahaan
sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada
=> menciptakan.
Hukum
Perekonomian
Pendidikan dan kebudayaan
Social dan budaya
Kependudukan
Hubungan internasional.
B) Lingkungan
eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap
kegiatan usaha.
Contoh :
Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi
perusahaan.
Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan
dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja,
peralatan metode, dll.
Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan
perusahaan
- Lingkungan Internal
Adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan
langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
Tenaga kerja
Peralatan dan mesin
Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan
keputusan.
5. Pengaruh Lingkungan
Ekologi : pencemaran udara, air, sampah
Ekologi : pencemaran udara, air, sampah
Ekonomi :
urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak,dll
Sosial :
kriminalisasi,pengangguran
Politik :
pertahanan keamanan
Hukum :
keputusan dan transaksi perusahaan.
6. Perbedaan Producer Oriented Approach dan Consumer Oriented Approach
Producer oriented approach adalah barang yang di produksi lalu di jual ke konsumen dan konsumen dapat menikmati barang-barang (seller’s market).
Producer oriented approach adalah barang yang di produksi lalu di jual ke konsumen dan konsumen dapat menikmati barang-barang (seller’s market).
Consumer
oriented approach adalah komsumen yang meminta barang ke produsen atau
membeli barang langsung ke produsen ( buyer’s market ).
Label:
Tugas Kelompok
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar