Popular Posts

Category List

About

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma

Link Gunadarma














Gunadarma

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO BAAK

Translate This Page

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Selasa, 12 November 2013

NAMA KELOMPOK : IRVAN ADITYO         (24213514)
                            KURNIAWAN UMAR   (24213900)
                            M HUSNUL AZIZ        (25213969)
KELAS                 : 1EB20

TUGAS MINGGU KE 3 :


1. JELASKAN BENTUK PERUSAHAAN DAN BERIKAN 5 CONTOH : - CV, PT ,YAYASAN ,, KOPRASI , ASURANSI , LEASING , PERSEROAN TERBATAS NEGARA

2. SEBUTKAN & JELASKAN TENTANG LEMBAGA KEUANGAN  DI INDONESIA

3. APA YANG DIMAKSUD MARGER , KARTEL , JOINT VENTURA
JAWABAN :

1. Jelaskan bentuk perusahaan dan berikan 5 contoh : - CV , PT , Yayasan, Koprasi , Asuransi , Leasing , Perseroan Terbatas Negara

CV atau yang sering di sebut persekutuan komanditer adalah perjanjian kerjasama antara 2 orang atau lebih dengan ata pendirian yang di buat dihadapan notaris yang berwenang.
Contoh:
CV Rizki Jaya Abadi Transportasi
CV Moga Jaya Abadi
CV Mitra Synergy Global
CV Sancaka Tehnika
CV Cahaya Nusantara Abadi

PT adalah suatu badan usaha yang berbentuk badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, dan melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham.
Contoh :
PT Unilever
PT Gudang Garam
PT Indosat
PT Semen Padang
PT Indofood Sukses Makmur

Yayasan adalah suatu badan hukum yang bersifat sosial, keagamaan dan kemanusiaan.
Contoh :
Yayasan Yatim Piatu
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)
Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI)
Yayasan Panti Jompo
Yayasan Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang orang yang bekerja sama demi kesejahtraan bersama sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang bersifat atau berdasarkan asas kekeluargaan.
Contoh :
Koperasi sekolah
Koperasi Karyawan
Koperasi Dapartemen
Koperasi Perusahaan
Koperasi Simpan Pinjam

Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada penanggung dengan menerima premi asuransi untuk memberikan pengganti kepada tertanggung karna kerugian , kerusakan ataupun kehilangan.
Contoh :
Asuransi Jiwa
Asuransi Kendaraan
Asuransi Kebakaran
Asuransi Pesawat Terbang
Asuransi Surat Berharga

Leasing atau Sewa Guna Usaha adalah kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan  untuk jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara angsuran.
Contoh :
BCA Finance
Indomobil Finance Indonesia
Suzuki Finance Indonesia
Astra Sedaya Finance
Bussan Auto Finance

Perseroan Terbatas Negara adalah badan usaha milik Negara (BUMN) yang melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham.
Contoh :
PT Pertamina
PT Telekomunikasi Indonesia
PT Pos Indonesia
PT Garuda Indonesia
PT Bank Negara Indonesia

2. Sebut dan jelaskan tentang lembaga keuangan di indonesia

Lembaga keuangan adalah lembaga yang menyediakan jasa keuangan bagi nasabahnya dan pada umumnya lembaga ini diatur oleh regulasi bagi nasabahnya dan lembaga ini diatur oleh regulasi keuangan dari pemerintah. Seperti,

A). Lembaga keuangan Depository adalah badan usaha yang menghimpundana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada massyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

B). Lembaga keuangan Non Depository adalah lembaga keuangan yang memberikan jasa jasa keuangan dan menarik dana dari masyarakat secara tidak langsung.

3. Apa yang dimaksud Marger , Kartel , Joint Ventura

- Marger adalah proses penggabungan 2 perseroan dengan salah satu diantaranya tetap berdiri dengan nama perseroannya sementara yang lain lenyap dengan segal nama dan kekayaannya dimasukan kedalam perseroan yang tetap berdiri.

- Kartel adalah persekutuan antara beberapa perusahaan sejenis dalam sebuah perjanjian tertentu yang bertujuan menetapkan harga untuk membatasi suplai dan kompetisi.

- Joint Ventura adalah kerjasama antara dua orang atau badan usaha untuk mendirikan satu bentuk usaha bersama dengan modal bersama pula, dengan tujuan menggali kekeayaan alam dan mendidik tenaga ahli untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

0 komentar: