Popular Posts

Category List

About

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma

Link Gunadarma














Gunadarma

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO BAAK

Translate This Page

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Senin, 25 November 2013
Nama : Muhammad Husnul Aziz
Kelas : 1EB20
NPM : 25213969



I. PENDAHULUAN

Berdasarkan berita di Tempo per tanggal 5 Mei 2008 ternyata kenaikan pejualan mobil meningkat dari bulan Maret 2008 ke bulan April 2008 sebesar 10,8 % atau sebanyak 542.448 unit motor diseluruh Indonesia. Jumlah yang lumayan banyak bukan. Tapi itu hanya motor roda dua merek Honda saja dan belum di jumlahkan dengan merek lainnya seperti toyota, Suzuki dll. Jadi dapat anda bayangkan ternyata disaat ini dimana banyak orang bilang keadaan ekonomi Indonesia semakin sulit karena kenaikan harga minyak dunia dilain pihak ternyata semakin banyak orang yang sanggup membeli barang yang tergolong sekunder atau bukan kebutuhan pokok ini. Hal ini salah satunya karena dipicu oleh kenaikan harga komoditi beras dipasar internasional. Apa artinya hal ini? Ini berarti salah satu peluang usaha dan peluang bisnis yang berkaitan dengan kendaraan roda empat ini juga semakin terbuka lebar yakni perlengkapan mobil. Dalam rangka memanfaatkan peluang ini, kita dapat mencoba mendirikan sebuah usaha cuci steam.


II. ISI

Usaha Cuci Mobil dan Sepeda Motor ini merupakan salah satu usaha yang mudah dengan modal yang tidak begitu besar dan pengelolaannya tidak terlalu rumit. Sehingga usaha ini dapat digunakan sebagai alternatif penambah penghasilan kita.

Karena mencuci mobil atau sepeda motor menurut banyak orang adalah sebuah pekerjaan yang membosankan, selain itu jika mencuci tanpa kompresor hasilnya kurang bersih. Sehingga kita dapat memanfaatkannya dengan mendirikan usaha cuci mobil dan sepeda motor.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mendirikan usaha cuci mobil dan sepeda motor :

a. Tempat yang Strategis

Untuk mendirikan usaha ini harus mempunyai tempat yang strategis atau di tempat yang ramai, agar banyak orang yang melihat tempat usaha kita. Selain itu tempatnya harus luas agar dapat dimasuki mobil dan mempunyai tempat parkir yang memadai agar konsumen atau pelanggan merasa nyaman dan akan kembali lagi. Agar kita tidak mengeluarkan modal yang besar, untuk sementara kita dapat menyewa gedung untuk usaha kita ini.

b. Promosi yang menarik

Agar orang tertarik kepada usaha kita ini, kita harus melakukan promosi yang menarik agar para konsumen mencuci kendaraannya di usaha kita ini. Promosi dapat kita lakukan dengan memberi diskon setiap kali pencucian atau cuci gratis kepada pelanggan yang sudah lima kali melakukan pencucian di usaha kita ini.

c. Mengangkat Pegawai yang Ahli dan Ramah

Angkat pegawai yang mempunyai keahlian di bidang ini dan mempunyai keramahan yang baik. Karena hasil pekerjaan dan keramahan pegawai kita merupakan kunci penting kepuasan pelanggan. Sehingga dengan hasil pekerjaan yang baik dan pelayanan yang baik pelanggan akan kembali untuk mencucikan kendaraan mereka.

d. Memakai Peralatan yang berkualitas

Untuk proses pencucian mobil ini gunakanlah alat – alat yang berkualitas. Hal ini dikarenakan jika kita memakai alat – alat yang berkualitas maka hasil dari pekerjaan ini juga memuaskan. Selain itu, alat – alat yang bagus dan berkualitas tidak gampang rusak, sehingga kita tidak akan sering – sering untuk mengeluarkan modal lagi untuk membeli alat- alat yang rusak tersebut.

e. Kelola Keuangan dengan Baik

Semua jenis usaha pengelolaan keuangannya harus dikelola dengan baik, termasuk juga usaha cuci mobil dan sepeda motor ini. Catat seluruh pengeluaran dan pemasukan, sehingga kita dapat mengetahui usaha kita itu untung atau rugi.


Modal cuci motor atau mobil yang di perlukan sebagai berikut ini :

1. Tempat dengan luas minimal 16 - 18 meterpersegi
2. Alat alat yang di perlukan
- pompa air
- kompresor
- peralatan cuci (sabun, sampo motor, kanebo, lap, pengkilap motor,sikat dll)
3. Tenaga Kerja


Peluang bagi pemain baru

Memutuskan untuk membuka usaha cuci mobil boleh-boleh saja, asalkan mampu membuat analisa pasar dengan tepat. Dalam artian, bisa dengan cermat melihat kondisi yang ada di mana di masyarakat kita ini banyak sekali kendaraan mobil namun juga banyak sekali bisnis cuci mobil.

Memikirkan sisi persaingan tentu tidak akan ada habisnya namun merencanakan tempat strategis, permodalan serta fasilitas yang ada dan juga potensi pasar atau peminat menjadi poin penting utama yang haru dipikirkan sebelum memulai usaha ini. Untuk mobil-mobil mewah yang dimiliki oleh kalangan atas tentu akan memilih tempat cuci mobil dengan fasilitas yang memadai seperti snow wash car system, serta pemakain hidrolis untuk memudahkan pencucian.

Namun krikteria tersebut tentu utuk usaha dengan modal besar. Bagi yang memiliki modal terbatas mungkin bisa mebidik bisnis cuci mobil untuk truk-truk dan mobil angkutan umum dengan harga cuci yang lebih rendah namun dengan kwalitas hasil cucian yang tak kalah dengan tempat cuci mobil berkelas.


III. PENUTUP

Angka pertumbuhan jumlah kendaraan yang ada di Indonesia terus mengalami peningkatan yang cukup siginifikan. Faktor ekonomi bagi sebagaian orang yang tengah membaik juga turut berpengaruh bagi peningkatan penjualan kendaraan khususnya mobil yang ada di Indonesia.

Dari segi ekonomi masyarakat tentu juga turut berpengaruh pada beberapa sektor usaha maupun industri yang ada. Di mana dengan pertumbuhan kendaraan yang ada beberapa industri dan usaha menjadi sangat terbantu dan peluang untuk beberapa peluang usaha juga semakin terbuka.

Salah satu sektor usaha yang cukup diuntungkan dari meningkatnya jumlah kendaraan roda empat adalah usaha pencucian mobil. Bisnis cuci mobil kini memang sedang dibidik oleh banyak usahawan yang memiliki modal besar. Mengingat usaha ini syarat dengan tempat yang strategis serta mudah dijangkau oleh para pelanggan, namun hal penting lain adalah masalah peralatan yang cukup memadai serta tenaga kerja yang bisa dipercaya.

IV. DAFTAR PUSTAKA

0 komentar: