Popular Posts

Category List

About

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma

Link Gunadarma














Gunadarma

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO BAAK

Translate This Page

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Minggu, 17 November 2013
Nama : Muhammad Husnul Aziz
Kelas : 1EB20
NPM : 25213969




I. PENDAHULUAN

Usaha laundry merupakan jenis bisnis yang memiliki potensi besar, terutama dengan berkembangnya berbagai tempat usaha dan pemukiman yang pada gilirannya menambah pelanggan potensial untuk menyewa jasa cuci pakaian. Ritme kerja yang super sibuk membuat orang-orang yang hidup di kota besar ingin membuat segalanya instan dan cepat. Mereka berani membayar sebuah nominal asal kebutuhan dan keinginannya terpenuhi sehari-harinya. Melihat peluang tersebut banyak orang yang mengambil peluang ini dengan membuaka jasa pencucian pakaian atau yang biasa di sebut Laundry. Jika kita ingin membuka usaha laundry maka modal awal yang dibutuhkan pun juga tidak perlu terlalu besar. Kita bisa lihat perkembangan bisnisnya nanti, jika memang terus menunjukan grafik dan omset yang terus meningkat maka bisnis usaha laundry ini bisa lebih dikembangkan lagi. Dengan modal mesin cuci dan ruangan kecil yang diperuntukan menerima dan mengambil barang/pakaian yang ingin dicuci maka usaha ini sebenarnya sudah bisa berjalan.
II. ISI

Sebagai sebuah usaha populer, prospek usaha laundry sebenarnya cukup bagus. Akan tetapi, pebisnis pemula sekalipun tetap harus berpegang pada prinsip-prinsip bisnis dan pemasaran agar usaha laundry mereka bisa berjalan dengan baik dan tidak mudah terpengaruh oleh persaingan. Mungkin jika melihat sekilas bisnis ini sangat mudah dan menguntungkan, namun sebenarnya banyak hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis laundry.

1. PEMILIHAN LOKASI USAHA
Pencarian lokasi yang tepat merupakan hal yang sangat penting. Sebuah bisnis laundry membutuhkan pelanggan yang akan sering memanfaatkan usaha jasa ini, misalnya daerah pemukiman yang banyak dihuni pekerja dari luar kota atau menjadi lokasi rumah kos dan asrama mahasiswa. Sekedar memilih daerah kompleks perumahan saja belum tentu menjanjikan, terutama bila komplek tersebut lebih banyak dihuni rumah-rumah pribadi milik para keluarga, sebab ibu rumah tangga biasanya lebih suka mencuci pakaian keluarganya sendiri atau menyerahkan pada pembantu.
2. STRATEGI PEMASARAN ATAU MARKETING 
Lakukan survey kecil-kecilan terhadap kemungkinan adanya pesaing atau kompetitor. Apakah mereka merupakan usaha kecil atau besar? Berapa harga yang mereka patok? Apakah orang-orang di lokasi incaran anda senang dengan keberadaan bisnis tersebut atau ada hal yang mereka tidak sukai? Anda bisa melakukannya dengan mengobrol bersama beberapa penghuni komplek tersebut untuk mendapat gambaran kasarnya. Yang penting, jangan tergoda mematok harga yang terlalu rendah demi persaingan karena anda hanya akan merusak pasar usaha laundry dan merugikan usaha sendiri. Lebih baik berkomitmen untuk memberi layanan yang baik bagi para pelanggan pertama anda agar kabar baiknya segera tersebar.
3. LANGKAH INOVASI 
Konsumen laundry jaman sekarang sangat menyukai pelayanan yang fleksibel atau bervariasi. Setelah melakukan survey terhadap pesaing, coba buat semacam penawaran khusus sebagai daya tarik bisnis laundry anda. Misalnya, anda bisa membuat layanan laundry antar jemput, harga diskon untuk paket cuci baju milik satu keluarga, layanan laundry dengan sabun dan pelembut sesuai pilihan pelanggan, dan sebagainya.
4. CARA PROMOSI 
Jangan ragu-ragu dalam mempromosikan bisnis laundry anda. Jika anda adalah penghuni komplek yang sama dengan daerah pemasaran anda, sedikit berakrab-akrab ria dengan para penghuni tidak ada salahnya demi memperlancar promosi mulut ke mulut. Anda juga bisa mengeposkan usaha anda di forum online serta menggunakan metode pemasaran lokal seperti membuat brosur untuk dibagi-bagikan atau ditempel di tempat-tempat strategis.
5. MODAL
Modal adalah hal yang penting untuk menentukan usaha laundry. Hendaknya Kawan Kapsul menentukan dan menghitung modal yang harus dikelurkan agar usaha tidak merugi. Ingat membuka usaha bisnis laundry tidak luput dari perencanaan dan pemasaran yang cukup matang, teknik pemasaran dan pengembangan bentuk layanan merupakan prinsip utama agar sebuah usaha bisa berkembang ditengah banyaknya jumlah pesaing sejenis.

Ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan jika kita ingin memulai usaha ini.

1. Kita harus tahu cara mencuci yang baik, mencuci pakaian agar bersih dan juga mengetahui cara mengeringkan berbagai bahan/jenis kain dengan baik.
2. Jika terdapat bermacam jenis noda, sebaiknya kita mengetahui tips dan strategi untuk menghilangkannya.
3. Peralatan seperti mesin cuci dan juga pengering disesuaikan dengan besarnya usaha yang sedang dijalani. Jika usaha laundry kiloan anda baru mulai cukup seadanya saja untuk pengadaan mesin cuci dan pengering. Persiapan setrika juga diperlukan untuk membuat pakaian rapi ketika diambil oleh konsumen.
4. Gaji karyawan harus diperhitungkan diawal, sebaiknya anda sudah memiliki stok gaji karyawan dalam 6 bulan kedepan. Jika bisnis laundry ini berkembang maka penambahan karyawan harus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang tetap baik bagi konsumen.
5. Peralatan penunjang seperti meja, kursi, rak pakaian dan juga keranjang pakaian kotor harus disiapkan semenjak awal.
6. Biaya operasional selain gaji pegawai, seperti listrik, pewangi dan juga deterjen dan air juga harus diperhitungkan dengan cukup baik.

Didalam setiap menjalankan sebuah bisnis usaha, kendala dan hambatan bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Tidak tertutup kemungkinan juga bagi bisnis laundry kiloan ini, kendala bisa muncul misalnya:

1. Banyaknya kompetitor atau pesaing yang sudah membuka usaha serupa.
2. Waktu yang lebih cepat dalam pengerjaan yang diminta oleh konsumen, maka jika kondisi ramai maka anda perlu mengatur waktu dengan cukup baik antara pelayanan konsumen satu dengan yang lainnya.
3. Masyarakat yang sudah memiliki mesin cuci sendiri.

Kendala dan hambatan yang terjadi di bisnis laundry ini tidak boleh dong membuat kreativitas kita terhenti ditengah jalan. Maka strategi bisnis itu perlu kita susun dan persiapkan dengan lebih baik jika memang kita ingin memanfaatkan peluang usaha ini. Kemudian strategi apa yang perlu dilakukan ketika akan merintis bisnis laundry kiloan Anda?

1. Pilihlah mesin cuci dan mesin pengering yang bagus dan berkualitas
2. Tentukan biaya layanan laundry yang akan dibebankan pada pelanggan
3. Lakukan promosi bisnis laundry kiloan di sekitar tempat bisnis Anda dan baru kemudian lakukan promosi di area dengan jangkauan yang lebih luas
4. Untuk menarik perhatian para pelanggan, berikan bonus pada pelanggan yang sering menggunakan jasa laundry Anda
5. Mulai mencari tenaga kerja yang berkualitas. Kualitas tenaga kerja di sini dapat dilihat dari segi kecepatan dan kemampuan multi tasking agar Anda tidak kerepotan kelak pada saat banyak pelanggan
6. Untuk menjaga kualitas pelayanan dan kepercayaan para pelanggan, selalu tepat waktu dalam memberikan pakaian yang sudah dicuci bersih dan disetrika dengan rapi.

Kenapa Laundry Kiloan ?

Kebutuhan akan pakaian bersih untuk keperluan sehari-hari cukup banyak jumlahnya, sehingga apabila laundry satuan, maka biaya yang dikeluarkan agak besar. Untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu maka banyak orang yang menggunakan laundry kiloan. Dimana pada laundry kiloan biaya yang dibayarkan dihitung berdasarkan beratnya yang apabila dibandingkan dengan laundry satuan maka biaya laundry kiloan menjadi lebih ringan. Itulah kenapa laundry kiloan lebih diminati pengguna jasa. yang bisa di laundry dengan system laundry kiloan cukup banyak.


III. PENUTUP

Dengan biaya murah para pemakai jasa laundry kiloan memperoleh keuntungan biaya serta kemudahan atas perawatan pakaiannya. Pengguna jasa laundry kiloan juga tidak harus keluar rumah karena ada penyelenggara laundry kiloan yang dilakukan secara online. Bisa dilakukan dengan internet atau cukup dengan sms/telepon, maka urusan pakaian segera beres dengan menggunakan jasa laundry kiloan.
Keuntungan lain dari laundry kiloan adalah, mengingat system penataan pada laundry kiloan biasanya dilakukan dengan melipat baju yang sudah di laundry dengan system laundry kiloan, maka baju tersusun sudah dalam keadaan rapi ketika dikembalikan kepada pemilik. Dengan demikian pemilik tinggal memasukkan ke dalam tempat penyimpanan baju dengan cepat dan rapi serta tidak memakan tempat.


IV. DAFTAR PUSTAKA


0 komentar: